Senin, 22 November 2010

" Idul Adha "


Idul adha? Ya.. tentunya banyak diantara kita yang sudah mengenal apa itu Idul Adha. Ini adalah hari raya umat Islam ke 2 setelah hari raya Idul Fitri. Hari raya ini sering disebut dengan hari raya "qurban". Karena setelah melaksanakan sholat Id Adha biasanya diwajibkan bagi yang mampu untuk menyembelih hewan qurban untuk dibagikan kepada orang yang kurang mampu.
Pada umumnya hewan yang digunakan untuk qurban adalah kambing dan sapi. Hari raya qurban tahun 2010 jatuh pada tanggal 17 November. Hal yang saya lakukan untuk menyambut datangnya hari raya qurban adalah melaksanakan puasa selama 2 hari sebelum hari "H". Puasa ini disebut dengan puasa tarwiah dan arafah. Tahun ini saya merasa senang karena jujur baru kali ini saya melaksanakan puasa selama 2 hari, karena pada tahun-tahun sebelumnya saya hanya melakukan puasa 1 hari saja. Hheehe :). 
Saat masih duduk di banku SMP, pada malam hari raya qurban saya melakukan "takbiran" bersama tetangga yang seumuran dengan saya di musholla dekat rumah. Tapi pada tahun ini saya melakukan "takbiran" di rumah bersama bunda dan adik saya, sedangkan ayah di musholla. Malam takbiran tahun ini hanya saya habiskan di rumah saja. :)
Saya selalu bangun lebih awal ketika akan melaksanakan sholat Idul Adha, karena ada beberapa hal yang harus saya siapkan. Seperti baju, mukena+sajadah, sandal, dan karpet untuk digunakan sebagai alas. Tahun ini saya sedikit kecewa karena tidak bisa melaksanakan sholat Idul Adha dikarenakan sedang berhalangan. Tapi saya tetap pergi ke masjid untuk mendengarkan khotbah. :)
Setelah melaksanakan sholat Id Adha saya makan pagi dengan keluarga, karena pada saat hari raya qurban disunnahkan untuk tidak makan sebelum melaksanakan sholat. Jadi kami memutuskan untuk makan setelah melakukan sholat. Ketika saya masih kecil setelah makan pagi saya dan teman-teman pergi ke musholla untuk melihat penyembelihan hewan qurban. Tapi kebiasaan ini hilang sejak saya duduk di bangku SMP mungkin ini karena saya sudah merasa bukan anak kecil lagi. Hheehe. Alhamdulilah tahun ini ayah qurban lagi, saya sangat bersyukur kepada Allah SWT, karena telah diberikan rezki untuk berqurban. Di daerah saya orang yang berqurban mendapat bagian yang disebut "sampil". Saya senang karena setidaknya saya bisa ikut makan. hheehe :D
Penyembelihan hewan qurban biasanya selesai pada pukul 09.30. Tahun ini ayah ikut sebagai panitia penyembelihan qurban. Saya senang karena saya ikut membantu dalam membagikan kupon pengambilan daging qurban. :) Biasanya bunda memasak daging qurban sebagai "asam-asam" atau di goreng saja karena beliau tidak mau terlalu ribet. Tapi tahun ini saya ngotot minta dibuatkan sate kambing. Akhirnya bunda menuruti permintaan saya dengan syarat harus ikut membantu. Karena bunda tidak punya alat untuk membakar sate akhirnya bunda menggunakan tempat pemanggang untuk membuat sate untung bisa digunakan seperti membakar sate. Setelah sate jadi saya hanya makan sedikit karena saya merasa pusing kalau makan daging kambing terlalu banyak. Ini dikarenakan karena saya darah tinggi. Inilah aktivitas yang saya lakukan pada saat Idul Adha. Hari raya qurban selalu saya nanti, karena dihari inilah semua orang dapat berbagi.

0 komentar on "" Idul Adha ""

Posting Komentar

Followers

 

My Blog List

Welcome

Pena Ninoz Copyright 2008 Shoppaholic Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez